SIMULASI PENJADWALAN BUS TRANS MEBIDANG MENGGUNAKAN METODE REPETITIVE SCHEDULLING

Devi Nurmala Sari

Abstract


Penjadwalan merupakan pembagian waktu berdasarkan rencana pengaturan urutan kerja. Jadwal juga didefinisikan sebagai daftar atau table kegiatan atau rencana kegiatan dengan pembagian waktu pelaksanaan yang terperinci.  Kebanyakan orang terbiasa dengan jadwal kegiatan yang disajikan sebagai tabel hari dalam seminggu dan jangka waktu. Dapat dilihat bahwa setiap hari dibagi kedalam jangka waktu. Setiap jangka waktu memiliki daftar kegiatan yang akan dilakukan, oleh siapa dan di mana. Simulasi adalah suatu cara untuk menduplikasi/menggambarkan ciri, tampilan, dan karakteristik dari suatu system nyata. Ide awal dari simulasi adalah untuk meniru situasi dunia nyata secara matematis, kemudian mempelajari sifat dan karakter operasionalnya, dan akhirnya membuat kesimpulan dan membuat keputusan berdasar hasil dari simulasi. Dengan cara ini, sistem di dunia nyata tidak disentuh/dirubah sampai keuntungan dan kerugian dari apa yang menjadi kebijakan utama suatu keputusan di uji cobakan dalam sistem model. Metode yang digunakan dalam penelitian ini lebih kepada perancangan program simulasi untuk Repetitive Scheduling, karena untuk mendapatkan hasil data yang mendekati kenyataan adalah dengan melakukan pembaharuan data yang dilakukan terus-menerus, mengikuti perkembangan keadaan dalam kenyataannya.


Full Text:

PDF

References


Ir. P. A. Wiguna, C. B. Nurcahyono, ST, MT A. N. Uzma, "Penerapan Repetitive Scheduling Method Pada Penjadwalan Proyek Jalan TUbaan-Talisayan/Dumaring, Provinsi Kalimantan Timur," JURNAL TEKNIK POMITS, vol. 1, 2012.

S.Kom, M.Kom Dinul Akhiyar, "Model Simulasi Lintasan Produksi Untuk Mengetahui Peningkatan Produktifitas Kerja Pada Proses Produksi Dengan Perbandingan Model Probabilistik Dan Model Deterministik (Studi Kasus: PT Kilang Lima Gunung)," JURNAL TEKNOLOGI INDUSTRI, vol. 4, 2014.

A. Lisa P, M. Qoyyimah, Claudia C.C, M. Hannas A I. Nursanti, "Analisis Perbaikan Sistem Antrian Pelanggan Skin Care XYZ Dengan Menggunakan Model Simulasi," 2015.

A. Hidayat, V. G. Utomo R. Hermawan, "Sistem Informasi Penjadwalan Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Web (Studi Kasus: Yayasan Ganesha Operation Semarang)," vol. 2, 2016.

I. P. Eka Nila Kencana, Ketut Jayanegara S. S. Hidayat, "Prediksi Pengguna BUS Trans SARBAGITA Dengan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System," E-Jurnal Matematika, vol. 2, Agustus 2013.

Michael, N. Im Manik S. H. Hutapea, "Perancangan Program Simulasi Penjadwalan BUSWAY-Transjakarta Dengan Metode Repetitive Scheduling," Jurnal Mat Stat, vol. 11, Januari 2011.

Adi Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: ANDI, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PELITA INFORMATIKA )

Program Studi Teknik Informatika - STMIK Budi Darma
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : syahrizal83.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
PELITA INFORMATIKA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License