Jumat, 27 September 2019 | 03:52 WIB

Workshop Peninjauan Kurikulum KKNI dengan narasumber Prof. Dr. H. Adiwijaya

          Untuk peningkatan pengetahuan dan pemahaman dosen tentang kurikulum KKNI, STMIK Budi Darma melaksanakan workshop peninjauan kurikulum  dengan topik "Kurikulum Outcome Based Education(OBE)", pada tanggal 26 September 2019 bertempat di Aula L4. STMIK Budi Darma dengan narasumber adalah Bapak Prof. Dr. H. Adiwijaya, S.Si, M.Si Rektor Telkom University.

 

          Prof. Dr. H. Adiwijaya, S.Si, M.Si menyampaikan bahwa kurikulum OBE  ada kesamaan dengan kurikulum KKNI. Penyampaian materi perkuliahan dengan  kurikulum OBE menggunakan prinsip PLAN(Rencana) dan kompetensi yang  dicapai dapat diukur dengan alat ukur, capaian materi harus jelas perblok materi, jangan menggunakan alat ukur dengan kata "memahami" karena tidak jelas alat ukurnya, tetapi gunakan kata "Bisa, dapat melakukan, dan lain-lain".  Pada kurikulum OBE setiap matakuliah harus ada learning outcome, serta pencapaian materi perkuliahan dapat diukur menggunakan level Bloom Taxonomy yaitu Remember, Understand, Apply, Analyze, Evalution dan Create.

 

       Workshop tersebut dihadiri lebih dari 30 Orang dosen STMIK Budi Darma dan diharapkan dengan workshop tersebut dosen STMIK Budi Darma mempunyai pemahaman dan pengetahuan tentang kurikulum perkuliahan sehingga penyampaian materi dalam kelas kepada mahasiswa dapat berkualitas.

 

 

To The Top