Sabtu, 18 Agustus 2018 | 08:42 WIB

Workshop Penulisan Jurnal Internasional dan Buku Ber-ISBN

STMIK Budi Darma Sukses melaksanakan Workshop Penulisan Jurnal Internasional dan Buku Ber-ISBN, pada tanggal 18 Agustus 2018 bertempat di Aula L4 STMIK Budi Darma. adapun tujuan pelaksanaan workshop tersebut untuk meningkatkan publikasi dosen baik dalam bentuk buku maupun artikel jurnal internasional bereputasi sekaligus melangsungkan 2ndWorkshop Penulisan Jurnal Internasional dan Buku Ber-ISBN.. Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara STMIK Budi Darma dengan Komunitas Kolaborasi Publikasi Indonesai (KO2PI) dan Ikatan Dosen RI (IDRI). 

 

Adapun pembicara pada workshop ini, yaitu: 
1. Dr. Janner Simarmata, S.T., M.Kom (Universitas Negeri Medan)
2. Robbi Rahim, M.Kom (STIM SUKMA Medan)
3. Mesran, M.Kom (STMIK Budi Darma)

 

Mesran, M.Kom selaku ketua STMIK Budi Darma, menyambut antusias dalam penyelenggaraan Workshop ini. Sebanyak 28 jumlah peserta yang mengikuti workshop ini dari beberapa institusi diantaranya STMIK Budi Darma, Univ. Prima Indonesia, Univ Asahan, Univ. Potensi Utama, Politeknik Bisnis Indonesia Pematang Siantar, Univ. Prima Indonesia, IAIN Langsa, Univ. Medan Area, ISTP, STMIK Royal Kisaran, Univ. Medan Area, Univ. Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, AMIK Royal Kisaran, UNIMED, ITM, Poltekes Kemenkes Medan, STT-Sinar Husni.

 

Mesran mengatakan bahwa sudah saatnya kita menggunakan Referensi Manager, yang memberikan kemudahan bagi kita dalam pengelolaan referensi ilmiah. Manfaat lain dari pemakaian referensi ilmiah, dapat memberikan kontribusi/penghargaan kepada artikel yang digunakan sebagai sumber referensi pada artikel yang akan kita buat, sambungnya.

 

Pada sesi ke 2 (dua) workshop bapak Dr. Janner Simarmata, S.T., M.Kom (dari UNIMED) mengatakan bahwa buku ajar adalah bagian dari kelengkapan atau sarana pembelajaran yang memiliki misi menghantarkan materi sesuai dengan kurikulum dan silabus. Sedangkan buku teks merupakan Buku Rujukan dalam lingkup disiplin ilmu yang bersifat lebih luas dan dapat dimanfaatkan oleh lebih banyak kalangan, seperti peneliti, pengamat, atau bahkan peminat.

 

Sedangkan bapak Robbi Rahim, M.Kom, mengatakan, kalau mau artikel ilmiah ingin baik dan bagus, publikasikan artikel ilmiah yang terindex ke WOS, karena saat ini memang Indonesia belum mengarah ke Web of Science, namun yakinlah kedepannya akan masuk ke WOS.

 

Workshop penulisan artikel jurnal internasional dan buku ber-isbn diakhiri dengan foto bersama.

To The Top