Rabu, 31 Januari 2018 | 09:34 WIB

Seminar Agama Kristen

Salah satu sasaran STMIK Budi Darma adalah meningkatkan ketaqwaan mahasiswa terhadap Tuhan yang Esa,maka program studi Teknik Informatika dan Manajemen Informatika bekerja sama dengan dosen pengampu matakuliah agama Kristen melaksanakan seminar dengan topik adalah "Manusia dan IPTEK dalam perspektik Alkitab" dengan pakar/pembicara adalah Pdt.Dr. Tulus Siahaan, M.Th dosen di STT Sola Gratia sekaligus Bishop gereja GMMI(Gereja Merdeka Metodis Indonesia) yang bertempat di Green Hall L.7 STMIK Budi Darma pada tanggal 27 Januari 2018 dengan ketua Pelaksana Pdt. Hukendrik Hutabrat, M.Pd.

 

Peserta seminar tersebut berjumlah 88 orang mahasiswa. Pdt.Dr. Tulus Siahaan, M.Th menyampaikan bahwa  Proses Modrenisasi Di Dalam Alkitab yaitu Modernisasi  adalah bagian dari perintah Allah kepada Adam, Kisah modernisasi pertama yang dilakukan oleh manusia, sebagaimana tertulis dalam  Kejadian 4: 20-22 “ Ada itu melahirkan Yabal; ialah yang mejadi bapa orang yang diam didalam kemah dan memelihara ternak dan Nama adiknya ialah Yubal; dialah yang menjadi bapa semua orang yang memainkan kecapi dan seruling.  Secara garis besar, perspektif Alkitab tentang hubungan manusia dengan modernisasi adalah:Modernisadi itu adalah sesuatu yang lahir dan berkembang secara terus menerus, Modernisasi positif tidak bertentangan dengan iman kristen dan  Modernisasi sesungguhnya diijinkan Tuhan, bahkan Modrenisasi adalah buah atau hasil dari kesegambaran manusia dengan Allah.

 

Alkitab memberi contoh modernisasi yang dilakukan manusia mula-mula dengan tidak bertanggung jawab. Adapun contoh orang yang melakukan modernisasi i secara tidak Bertanggung jawab adalah:  Ritual yang dilakukan kain tidak berkenan kepada Allah sedangkan ritual  Habel berkenan dan Hati kain menjadi panas sehingga nekad membunuh adiknya.

 

Masih banyak contoh tokoh lain dalam Alkitab yang melakukan tindakan modrenisasi; baik secara bertanggung jawab maupun tidak bertanggung jawab.  Allah sendiri telah mengijinkan hal itu bahkan menjamininya sebagai kebebasan bagi manusia yag merdeka, bebas memilih “ikut Tuhan atau ikut iblis”.  Ia berfirman dalam Kejadian 11:6:’ Mulai dari sekarang  apapun juga yang mereka rencanakan, tidak ada  yang tidak akan terlaksana”.  Jadi jelas bahwa modernisasi akan terus berkembang atas seijin Tuhan.  Tetapi masing-masing orang akan diminta pertanggug jawabannya

To The Top